Memilah dan Memilih Informasi

Posted on Oktober 18, 2011

0


Memilah dan Memilih Informasi,

Ada keunikan tersendiri untuk mampu memilah dan memilih informasi. Yang kita hadapi sehari-hari adalah berkembangnya informasi yang kita terima. Informasi adalah sekumpulan materi pengetahuan yang datang kepada kita. Yag penting adalah adanya kesinambungan informasi. Yang kita kelola adalah informasi yang terpilah-pilah dan kemudian kita memilihnya. Pekerjaan sederhana ini merupakan kewajiban pokok jika kita bekerja secara cerdas, dan mengandalkan informasi yang bermutu. Yang kita piliah adalah informasi yang datang kepada kita, atau informasi yang kita cari. Sedangkan yang kita pilih adalah informasi yang sesuai dengan kriteria yang kita bangun. Adanya konsep bahwa informasi itu bebas didapatkan siapapun secara gratis. Sepanjang kita mampu menjangkaunya.

Memilah dan Memilih Informasi,

Kebutuhan akan informasi yang kita perluka dalam kehidupan kita telah mendorong kita untuk berperilaku ang jujur, setidaknya kepada diri sendiri. Kita perlu memberdayakannya dengan kecerdasan yang kita miliki. Kita sangat bergantung terhadap pemasok informasi yang memberi kita semua informasi yang dimilikinya. Yang kita butuhkan sesungguhnya informasi yang tersaring dalam kebutuhan untuk mengelolanya. Informasi yang kita butuhka dan diperlukan untuk meresponnya secara cukup.

Memilah dan Memilih Informasi,

Informasi apa pun akan kurang berguna, jika kita tidak menaggapinya dengan kesungguhan. Kita membutuhkan banyak informasi yang kita butuhkan. Yang perlu dilakukan adalah memilah dan memilihnya sesuai dengan kriteria yang kita bangun itu. Informasi yang datag kepada kita akan merupakan kesempatan tersendiri bagaimana menaggapinya.

Memilah dan Memilih Informasi,

Kebutuhan dasar informasi yang kita bangun adalah membentuk ruang dan waktu untuk menghasilkan pola pekerjaan yang bermutu. Hanya dengan jalan inilah informasi akan mendatangkan manfaat bagi kehidupan kita. Televisi, radio, koran, buku, internet, dan jaringan usaha lainnya. Yang kita perlukan adalah kesanggupan untuk menagapi informasi dalam reaksi psikologis dan kreativitas yang kita bangun. Semakin banyak informasi yang kita terima, kita akan tubuh semakin dinamis, dan mampu memilah dan memilihnya secara benar dan akurat.

Memilah dan Memilih Informasi,

Yang kita butuhkan adalah adanya kesinambungan dengan gagasan-gagasan yang kita miliki. Kita membutuhkan banyak hal untuk membentuk informasi itu tumbuh dan berkembang seiring dengan kebutuhan yang kita perlukan. Kita perlu mengerjakan segala hal yang kita buuhkan itu dengan senang dan gembira. Yang penting mampu membuat respon apakah tentang segala informasi yang memang kita perlukan itu.

About these ads
Posted in: Gagasan