Kata Hati dan Perbuatan

Posted on September 27, 2011

0


Kata Hati dan Perbuatan,

Hatimu tempat kau merasakan, merenugkan, mengendapkan jiwa, memberimu simulasi berfikir manusia. Kata hati dan perbuatan, sengaja hadir untuk memberimu petuah, petunjuk, atau pergolakan pemikiran untuk merenung sejenak. Ambil nafas dalam-dalam dan kobarkan sengat untuk merenungi kehidupan ini. Kegembiraan atau kesusahan, kemeriahan atau susah payah. Hatimu adalah hatimu, tempat kau bertanya pada diri sendiri, apa yang telah kau perbuat untuk hari esok?

Kata Hati dan Perbuatan,

Sesungguhnya dengan mengenalkan pada hatimu akan makna dan arti kehidupan itu sendiri. Ada ranah-ranah cinta kasih yang terpendam dalam setiap manusia. Ia memberikan simulasi, stiulus, dan pergerakan jiwa yang membayangimu. Tak ada yang mesti dikerjakan selain kesungguhan hati dalam menorehkan nasehat, harapan, dan berbenah diri. Ada sekumpulan kehendak yang terus mnegalir drastis dalam benak pikiranmu.

Kata Hati dan Perbuatan,

Hanya dengan inilah segala nasehat, petuah, doa, dzikir, atau permohonan apapun menjadi terlihat dalam benak hatimu. Yang sungguh-sungguh memberikan arah dan petunjuk untuk berbuat. Kenalilah dirimu, maka dan kenalilah Tuhanmu. Tak ada yang lebih membahagian selain kesungguhan hatimu dan kesungguhan usahamu. Semua yang ada kelak lenyap, tetapi yang kekal adalah amalmu di dunia ini. Ini adalah kenyataan yang mestinya telah membuat hatimu menjadi mengerti akan harapan dan kesungguhan diri dalam mengarungi kehidupan ini.

Kata Hati dan Perbuatan,

Siapa pun kamu, pasti teringat akan semua yang kau pikirkan. Hanya dengan memberikan ruang dan waktu sejenak untuk merenungkan kembali segala kegalutan berfikir. Segarkan pikiranmu. Dan bawalah kearah kemenangan diri. Kata hattimu adalah nuasa jiwa yang sedang tumbuh untuk memberikan arti penting dalam hidupmu. Sedangkan perbuatanmu adalah apa pu saja yang terlah engkau perbuat. Tiada yang indah selain keberhasilan diri dalam memenangkan kehidupan yang serba keras ini.

Kata Hati dan Perbuatan,

Jika prasyarat keberhasilan adalah kesungguhanmu. Maka prasyarat untuk menjadi manusia berguna adalah kemauan yang keras untuk memperolehnya. Kehidupan dunia ini memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk meraihnya. Dengan cara yang teah engkau mengerti, hatimu menuntun dalam bertindak dan berbuat. Sedangkan perbuatanmu adalah proses dan hasil usahayang kau tempuh.

Posted in: Puisi