Idul Fitri dan Idul Adha

Posted on Oktober 1, 2011

0


Idul Fitri dan Idul Adha,

Puasa, tarawih, baca Qur’an, dan takbiran. Sesekali terdengar letusan mercon yang sengaja dibunyikan. Ada perasaan istimewa hengan hadir dan kemudian berlalunya bulan puasa. Pengetahuan Islam, kajian Islam, maupun kesantunan yang tunduk pada aturan-aturan Islam. Yang penting adalah adanya kesungguhan tersendiri yang bisa dikerjakan. Ada detik-detik untuk melakukan ibadah pusa, shalat tarawih, tilawatil Qur’an, dan kesungguhan untuk shalat Idul fitri.

Idul Fitri dan Idul Adha

Sebulan sudah ibadah puasa kita jalani. Dan sebentar lagi idul adha, atau ibadah haji. Ialam mengajarkan kita untuk meilihat, mengkoreksi diri, dan memperhatikan apa yang telah kita perbuat untuk hari esok. Gunakan kesempatan mudamu sebelum masa tuamu, gunakan waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu, gunakan waktu longgarmu sebelum datang kesempitan, dan gunakan waktu kayamu sebelum datang kemiskinanmu. Ada banyak nasehat taqwa, dan keikhlasan dalam khutbah yang berulangkali kita dengarkan. Hidupkan hari-harimu dengan mendekatkan diri pada Allah SWT. Dan berikan jiwamu untuk menikmati lantunan merdu ayat-ayat Al-Qur’an.

Idul Fitri dan Idul Adha,

Yang terpenting adalah adanya kesungguhan, niat yang baik, dan proses menjalani dua buah tamu Allah tersebut. Gunakan kesungguhanmu untuk menyambutnya. Seiring berlalunya waktu, segera hadir idul adha atau idul qurban. Ibadah yang menuntun kita pada suri tauladan yang diperiuintahkan Nabi Muhammad, dari kisah Ibrahim AS. Prinsipnya ikutilah hal yang Anda kerjakan bersama teman, kerabat, keluarga, dan tetangga.

Idul Fitri dan Idul Adha,

Mohon ma’af lahir batin. Dua hari raya Islam, Idul Fitri dan Idul Adha, semoga menjadikan kedua barokah yang turun dari Alah SWT. Semoga bermanfaat, selamat bekerja!

Posted in: Gagasan