Ilmu Sastra

Posted on Oktober 1, 2011

0


Ilmu Sastra,

Cabang ilmu bahasa yang mempelajari karya sastra, proses kreatif, menulis, membbaca, berbicara, berdialog, berdebat, presentasi, dan menerjemahkan. Ilmu sastra memberikan gagasan-gagasan tersendiri yang terpendam. Pengetahuan perkulihaan di dalam ilmu sastra, adalah estetika, proses kreatif, kajian puisi, kajian drama, dan cerita rekaan. Hal yang pantas untuk dikerjakan adalah kesungguhan untuk mencipta sastra. Karya yang mampu dihadirkan pada pembaca. Hal yang penting adalah adanya bahan sastra yang bisa ditulisnya. Ada proses penggarapan teks [naskah], atau adanya karya sastra sebagai bentuk karya sastra [novel, puisi, cerita].

Ilmu Sastra,

Hal yang pantas Anda ketahui adalah adanya metode sastra, karya islmiah sastra, proses klreatif menulis sastra, dan panduan menikmati karya sastra. Internet memungkinkan Anda menulis secara kreatif di dunia sastra. Hal yang terpenting adalah keikutsertaan dalam proses kreatif untuk menciptakan karya sastra. Pengembangan yang bisa dilakukan adalah menelusur kembali hadirnya karya sastra dan buku-buku sastra dalam komunitas sastra. Baik sastra Indonesia, Inggris, Amerika, Australia, Jepang, Korea, Rusia, maupun Jerman dan Prancis. Ilmu-ilmu sastra membimbing kita pada hadirnya karya sastra. Banyak bahan-bahan cerita yang bisa kita kerjakan, kita edit, dan kita sajikan menjadi karya sastra. Pergaulan, pendidikan studi literatur, maupun menulis ulang karya sastra [mengarang dan membacanya ulang].

Ilmu Sastra,

Sastra adalah seni ilmu tulis-menulis. Karang-mengarang. Maupun pengetahuan tentang lakon cerita. Tokoh-tokoh yang dibuatnya. Maupun alur cerita yang bisa dibangun oleh penulisnya. Konflik-konflik yang terrekam dalam sastra. Hal yang menjadi penting adalah adanya sambutan dari pembaca yang menyukai suatu karya sastra. Karya yang mengantarkan pada dunia imajinasi, dunia kreatif, dan barangkalai merambah ke dunia jurnalistik. Ilmu sastra mengajari kita estetika [seni], ilmu peran, lakon, drama, dan pembacaan karya sastra [puisi, misalnya], maupun penulisan buku sastra.

Ilmu Sastra,

Ilmu ini sederhana. Ilmu menulis, ilmu membaca, ilmu berdialog, ilmu berdebat, ilmu berdialog, ilmu berdiskusi. Hal yang menjadi penting adalah penciptaan karya sastra, pemilihan tokoh-tokoh cerita, dan proses penulisan sastra. Di Dunia ini banyak sekali manusia pencipta sastra, penulis cerita, penulis novel, pusisi, dan cerita. Hal lainya yang tidak kalah pentingnya dalah hadirnya pembaca yang perlu untuk dicermati. Minat dunia internet dalam bidang sastra kiranya cukup untuk di perhatikan. Beberapa karya maupun panduan menulis sastra sering di tampilkan dalam internet. Jika Anda berminat untuk menulis, ada beberapa bimbingan yang bisa Anda jadikan rujukan. Carilah di google. Kiranya cukup membantu Anda.

Ilmu Sastra,

Pengembangan lebih lanjut adalah teori sastra, karya sastra, kajian sastra, studi sastra, dan penulisan sastra. Novel yang menarik, puisi yang merayu, mendayu, ritmis, dan menggoda pikiran Anda. Hal tersebut perlu dikemukakan agar kiranya sastra bisa dikenal lebih baik di dunia Internet.

Ilmu Sastra,

Apa pun yang Anda kerjakan adalah kehendak untuk menulis sastra, membaca sastra, maupun mencari jejak-jejak sastra di dunia internet. Hal tersebut menjadi menarik dengan mengkoleksi karya cipta dunia sastra. Pengetahuan yang mencukupi untuk berbincang sastra. Sastra dan Kebudayaan, kiranya menjadi lebih menarik untuk di amati. Ada kerinduan tersendiri untuk membaca karya-karya sastra Indonesia. Kami mencoba untuk menghadirkan disukusi sastra, dialog, debat, menulis sastra dan membuat e-book sekitar dunia sastra. Semoga bermanfaat!

Iklan
Posted in: Gagasan