Teori Sastra

Posted on Oktober 3, 2011

0


Teori Sastra,

Teori sastra adalah teori studi untuk bidang sastra. Teori secatra harfiah mempejarai struktur, bangun, isi, proeses, dan analisis. Teori sastra mengemukakan pengertian penanganan proses-proses yang terjadi di dalam dunia sastra. Sastra adalah ilmu bahasa yang mempelajari pengertian-pengertian sekitar seni menulis, peran, proses sastra, karya sastra, dan analisis sastra. Sastra adalah ilmu seni kebudayaam dan filsasfat yang secara intents, mempelajari naskah-naskah sastra. Teori sastra mengajarkan pada pengertian proses kreatifitas dalam sastra, proses imajiner, analisis sastra. Secara khusus mata kuliah yang mengajarkan proses berfikr sastra.

Teori Sastra,

Teori sastra merupakan teori untuk melakukan “bedah” analisis, karya sastra. Proses kreatif penciptaan karya sastra, proses analisi karya sastra, dan secara khusu mengajari teori menulis sastra. Teori ini menuntun kita pada pencarian imajinasi sastra untuk membentik bangun sastra. Sastra sendiri adalah cabang ilmu yang secara khusu mempelajari, sastra, kebudayaan, filsafat, dan naskah-naskah sastra. Dalam perkuliahan sastra, teori sastra bersumber pada proses kreatif sastra. Proses untuk membentuk bangunan proses penulisan sastra. Adanya karya sastra, adanya proses penulisan sastra, ada penokokhan, dan ada bentuk-bentuk karya sastra yang diciptakan oleh manusia yang secara khusu mempelajjari sastra, atau karya sastra yang diciptakan oleh seniman sastra.

Teori Sastra,

Teori sastra mengajak pembaca pada sedikit metode ilmiah dalam menganalisi karya sastra. Penggarapan teks, naskah, cerita;  novel, puisi, dan cerita. Dalam ilmu ketrampilan bahasa dikenalkan pada keahlian; “membaca, menulis, berbicara, berdialog, berdebat, berpidato, presentasi, dan kemampuan-kemampuan lainnya”. Yang penting adalah adanya sinkronitas cara berfikir manusia. Adanya kemampuan melakukan analisi, dan kritik sastra. Pengertian untuk membentuk bangun-bangun sastra. Karya sastra yang diciptakan manusia, atau kumpulan karya sastra. Bibliografisastra, dokumentasi sastra, analisi sastra, maupun secara mandiri proses penulisan karya sastra. Sastra memebntuk bangun bacaan tersendiri yang imajiner, kreatif, terpilah, matrikulasi kebebasan berfikir, dan kemampaun mengadaptasi tulisan umum menjadi tulisan sastra. Film-film yang ditulis secara khusu dengan analisi sastra. Atau barangkalai sinema yang dittayangkan oleh televisi adalah barangkali proses kreatif dunia sastra.

Teori Sastra,

Teori untuk mempelajari sastra, teori untuk mencipta sastra, teori untuk menganalisis sastra, teori untuk melakukan dokumentasi sastra. Dalam struktur astra dikenal, prsoses pembuatan tema, judul, analisi, penokohan, proses kreatiuf, dan bangun imajiner sastra. Yang terpenting adalah hadirnya karya sastra. Dengan demikian teori sastra mengajarkan ketrampilan bahasa, teori analisis sastra, proses penulisan karya sastra, maupun kritik sastra. Yang penting adalah adanya proses ilmiah imajiner untuk secara intenstive membentuk proses-proses penciptaan karya sastra.

Teori Sastra,

Kepada pembaca hendakllah memperhatikan, bagaimana sebuah arya sastra menjadi terkenal, dikenang banyak orang, direnungkan, dicari-cari pembaca, atau menjadi karya monumental yang dikagumi banyak orang. Karya sastra yang bermutu mendatangkan kerinduan tersendiri untuk terus membacanya. Tidak adda karya sastra, kecuali karya cipta imajiner yang sedikit berbeda dengan kejadian sehari-hari. Karya sastra yang diciptakan oleh penulis sastra adalah proses pembuatan karya sastra untuk mewujudkan niat untuk menghibutr pembaca. Hanya dengan cara inilah karya sastra bisa tercipta dengan baik. Proses nalaisis suatu karya sastra, dan proses penyusunan naskah-naskah sastra. Naskah yang dibangun dengan teori sastra, barangkali terlihat ilmiah dan bermutu tinggi. Karya sastra yang tercipta, kemudian diedarkan melalui jaringan internet, atau dicetak menjadi buku sastra. Hanya dengan cara ini teori sastra bisa diajarkan kepada para mahasiswa sastra. Teori sastra memberikan gambaran proses berfikir gaya sastra!

Posted in: Gagasan