Ketrampilan Berbahasa

Posted on Oktober 7, 2011

0


Ketrampilan Berbahasa,

Setiap manusia dibekali pengetahuan berbahasa. Dalam ilmu bahasa dikenal “ketrampilan membaca, menulis, berbicara, berdiskusi, berdialog, berdebat, presentasi, dan berpidato”. Yang terpenting dalam ketrampilan bahasa adalah perspektif untuk mendayagunakan bahasa sebagai meia komunikasi. Penguasaan bahasa lisan maupun tulisan yang membutuhkan pembelajaran tersendiri. Kemampuan dan ketrampilan berbahas sangat penting dalam pergaulan, pekerjaan, pengajaran, dan pendidikan formal lainnya. Semakin cerdas kita, semakin baik pula kemampuan menguasai bahasa.

Ketrampilan Berbahasa,

Pokok persoalan yang muncul adalah bagimana mendayagunakan bahasa untuk keperluan hidup dan kehidupan kita. Ada berbagai fenomena menambah pelajaran untuk kemampuan membaca, menulis, berbicara, berdioalog, berdiskusi, berdebat, presentasi, dan berpidato. Yang penting adanya minat untuk memberdayakan kemampuan berbahasa. Dalam pergaulan sehari-hari kita memerlukan medium bahasa untuk bertukar pikiran dan menyampaikan apa pun. Persoalan kemampuan memberdayakan bahasa ini sangat penting untuk dipelajari lebih jlanjut, agar supaya kita memperoleh apresiasi yang lebih dari manusia-manusia lainnya. Kemampuan untuk memberdayakan kehidupan kita.

Ketrampilan Berbahasa,

Kemampuan yang dirancang untuk memberdayakan kemampuan kita ditengah pergaulan manusia. Pengetahuan yang menuntut adanya keseriusan dalam menyampaikan sesuatu hal. Ketrampilan berbahasa dapat kita pelajari di sekolah melalui mata pelajaran bahasa, atau barangkali di bangku kuliah. Yang penting adalah adanya kemauan untuk pengembangan diri dan kemampuan memperdayagunakannya dengan cara yang baik dan sopan.

Ketrampilan Berbahasa,

Bahasa adalah sarana komunikasi, baik lisan maupun tulisan. Yang kita butuhkan adalah kesadaran untuk menggunakan bahasa yang baik, sopan, benar sesuai dengan panduan pokok berbahasa. Berbahasa yang baik dan benar. Adanya tuntutan dari relasi bisnis atau kemampuan untuk mempergunakan kemampuan berbahasa. Bahasa yang baik tumbuh bersama imajinasi kita dalam berfikir. Yang terpenting adalah adanya buku panduan tentang ketrampilan berbahasa. Semoga bermanfaat!

Posted in: Gagasan