Menjaring Gagasan-Gagasan Sastra

Posted on Oktober 10, 2011

0


Menjaring Gagasan-Gagasan Sastra,

Gagasan-gagasan sastra adalah gagasan seni, kebudayaan, manusia dan proses kreatif sastra. Gagasan-gagasan yang keluar dari pikiran kita diendapkan menjadi semacam pengalaman, pengetahuan, kecerdasan, dan keinginan untuk menulis. Gagasan-gagasan sastra tumbuh bersama kehadiran sastra itu sendiri. Hubunngan timbal balik antara penulis sastra dengan pembaca sastra. Penulis lebih banyak menghasilkan ide-ide atau gagasan-gagasan baru yang disampaikan kepada pembaca. Pengetahuan untuk merampungkan segalka persoalan kemandirian dan pengetahuan hidup kita. Gagasan yang jernih, jelkas, bermutu, dan menimbulkan rangsangan untuk berbuat sesuatu. Pengetahuan untuk memperoleh pengajaran sastra.

Menjaring Gagasan-Gagasan Sastra,

Gagasan yang kita miliki adalah semua pokok-pokok pikiran dalam kehiudpan kita ditambah pengetahuan lain yang hadir dalam pikiran kita. Gagasan yang mendasari kita untuk menuliskan pengalaman kesenian, keindahan, menulis sastra, atau barangkali pengorbanan kehidupan untuk menjemput hadirnya kreativitas. Yang perlu kita perhatikan adalah adanya kemampuan menulis dan membuat pengetahuan kita menjadi segar dan berpotensi untuk mengembangkan diri. Pengetahuan tentang segala hal yang sedang kita hadapi dalam persoalan apa pun yang kita pilih.

Menjaring Gagasan-Gagasan Sastra,

Pengetahuan telah membentuk kita pada entity, makna kehidupan. Kita memrlukan lebih banyak persoalan dan mendaftarnya menjadi pokok-pokok persoalan. Rumusan yang kita buat akan sangat menentukan pengalaman yang seperti apakah yang dikehendaki untuk dibahas. Berbagai jenis persoalan, mulai hal yang sederhana yang terjadi dalam kehidupan kita, maupun pengalaman yang luar biasa, pengalaman sulit, dan aneh. Gagasan-gagasan itu harus diidentifikasi, dan kemudian dibuatkan daftar dari hal-hal yang penting, yang hadir dalam kehidupan kita.

Menjaring Gagasan-Gagasan Sastra,

Langkah-langkah yang bisa kita kerjhakan adalah pengalaman kita tentang berbagai persoalan yang kita hadapi sehari-hari. Semakin banyak pengalaman, gagasan-gagasan sastra yang muncull akan semakin banyak. Lakukanlah penjaringan gagasan menjadi sebuah aktivitas untuk mewmulai kerja. Pengetahuan yang kita miliki adalah koleksi pengetahuan yang nantinya akan bermanfaat, bagaimanakah Anda berfikir untuk menjaring gagasan-gagasan sastra. Gagasam-gagasan yang mendorong kita untuk berbuat, bertindak, dan bekerja. Yang kita kerjakan adalah pengalaman untuk berbuat sesuatu, yaitu pengalaman kita itu sendiri.

Menjaring Gagasan-Gagasan Sastra,

Pengetahuan, kecerdasan, gagasan, sikap, dan pengalaman kehidupan. Gagasan-gagasan sastra untuk menulis, membaca, berdialog, berdebat, berdiksui, presentasi, dan barangkali perekaman ide-ide menggunakan video. Yang bisa kita sampaikan adalah adanya pengembangan gagasan menjadi aktivitas yang berlangsung secara terus-menerus. Kita membutuhkan lebih banyak gagasan untuk menulis sastra.

Posted in: Gagasan