Pragmatik

Posted on Oktober 26, 2011

0


Pragmatik,

Kalimat-kalimat yang kita gunakan adalah kalimat-kalimat pragmatik. Yang di dalamnya ada nuansa batin yang hendak kita sampaikan. Analisis pragmatik adalah analisis yang membutuhkan keseriusan untuk menganalisisnya. Yang penting dalam pragmatik adalah; semantik, linguistik, pragmatik, sossiolinguitik, dan psikolinguistik. Apa pun kalimat-kalimat yang kamu ciptakan, tentunya bukan hanya yang terlihat, tetapi ada maksud-maksud tertentu di balik kalimat-kalimat yang dibuat. Inilah yang kami maksudkan dengan pargamatik. Ada tindak tutur yang hendak disampaikan. Hubungan kalimat-kalimat semantik dengan pragmatik adalah sangat dekat. Kalimat-kalimat yang disusun dengan struktur datar, atau kalimat-kalimat pertayaan, pernyataan,. Kalimat-kalimat itu membentuk bagan tersendiri untuk mengenalinya.

Pragmatik,

Kalimat-kalimat yang mengadung arti tunggal, dan kemudian menafsirkannya. Kalimat yang terbentuk dari struktur datar dan penuh dengan peryataan, pertayaan. Yang kami maksuddengan pragmatik adalah usaha mencari makna dibalik tuturan-tuturan kalimat yang berkonotasi tunggal. Tetapi sebenarnya banyak maksud yang tersembunyi dari kalimat-kalimat itu.

Pragmatik,

Rambutmu sudah panjang. Ini adalah kalimat penytaan. Tetapi ada pula maksudnya, segeralah memotong rambut, karena rambutmu sudah panjang. Atau barangkali memujinya, “rambutmu sudah panjang”, kau terlihat seksi. Aku suka padamu, dan sebagainya.

Pragmatik,

Kalimat-kalimat yang kita susun hendaklah mengandung arti yang tunggal. Tetapi tanpa dipungkiri kita tergiring untuk membentukkalimat-kalimat yang panjang untuk meneliti kalimat-kalimat yang panjang untuk diteliti. Pragmatik adalah usaha untukmenafsirkan dengan jalan yang sangatsederhana. Memproduksi kalimat-kalimat pokok dalam kelimat-kalimat sederhana lainnya. Yang penting ada saluran informasi untuk membentuk struktur kalimat ntinya. Pragmatik adalah rumusan baku terhadap penafsirran kalimat-kalimat dalam wacana atau paragraf.

Pragmatik,

Yang penting dalam pragmatik adalah usaha menelusuri makna kalimat-kalimat yang kita buat atau kita produksi. Kalimat-kalimat itu membentuk struktur dan ada upaya penafsiran secara cepat. Maksud yang kita tuju adalah adanya serangkaian maksud yang disembunyikan oleh penutur kalimat. Pragmatik adalah ilmu tafsir kalimat-kalimat tuturan.

Posted in: Komunikasi