Sosiolinguistik

Posted on Oktober 26, 2011

0


Sosiolinguistik,

Kalau psikolinguistik banyak membicara ilmu kejiwaan. Ilmu sosiolinguitik membicarakan hubungan ilmu-ilmu bahasa dengan komunitas sosial. Yang kita maksudkan adalah hubungan yang membentuk kultur bahasa dalam masyarakat. Ilmu bahasa banyak sekali sumbangannya dengan ilmu-ilmu ssosial, yang secara hierarkis digunakan oleh masyarakat pemakai bahasa itu sendiri. Apa yang kita ketahui tentang bahasa sangat erat kaitannya dengan sosiologis dimana bahasa itu tumbuh dan dieprgunakan oleh masyarakat pemakainya. Yang penting adalah ada hubungan langsuang antara ilmu-ilmu bahasa dengan ilmu-ilmu sosiologi.

Sosiolinguistik,

Ilmu yang membahas bahasa dinamakan ilmu linguistik. Ilmu linguistik memperbincangkan bahasa dan kaitannya dengan kegiatan sposial di sekitar kita. Ilmu sosiolinguistik membeicarakan bahasa erat kaitannya dengan komunitas masyarakat pemakai bahasa. Secara garis besar ilmu-ilmu bahasa yang mempelajari hubungan langsung dengan komunitas sosial ini adalah sosiolinguistik. Yang membicarakan bahasa dan komunitas sosialnya.

Sosiolinguistik,

Secara garis besar, ilmu sosiolinguistik membicarakan bahasa dan kaitannya dengan hubungan sopsial kemasyarakatan. Yang penting adanya hierarki langsung dengan komunitas sosial di mana bahasa itu tumbuh, dikembangkan, dan dipakai.  Metodologi yang dipakai untuk memperbincangkan ini adalah metodologi indeph dan persuasif, atau barangkali pengkartuan.

Sosiolinguistik,

Ilmu-ilmu sosial, ilmu-ilmu metodologi, ilmu-ilmu terapan. Bahasa yang kita pakai akan cenderunmg pasif, sementara komunikan akan cenderung aktif.

Sosiolinguistik,

Hubungan hierarki yang kita kenalkan ini banyak sekali gunanya seperti hubungan antara koran dengan pembacanya. Hubungan antara buku dengan pembacanya. Hubungan antara radio dengan pendengarnya. Hubungan antara televisi dengan pemirsanya. Dan lain sebagainya.

Posted in: Komunikasi