Resensi Buku

Posted on November 1, 2011

0


Resensi Buku,

Kadang kita membutuhkan untuk menulis resensi buku. Resensi buku adalah membuat ikhtisar tentang isi buku, atau barangkalai menulis ringkasan buku. Buku-buku yang terbit termasuk buku-buku sastra perlu diberikan komentar. Yang menarik adalah bahwa menulis resensi perlu keahlian tersendiri. Apa yang dibahas dalam resensi buku adalah menggarap isi buku dan meringkasnya secara padat.

Resensi Buku,

Yang harus kita lakukan untuk menulis resensi buku adalah membuat gambaran yang jelas apa isi buku, membuat penilaian isi buku, membuat ikhstisar timbangan buku, membuat analsisi buku, membuat perencanaan pemasaran, membuat komentar-komentar isi buku, dan menyusun biografi singkat penulis buku. Yang dikerjakan adalah menyusunnya secara benar dan menguraikan langkah demi langkah gambaran isi yang bisa dibaca oleh pembaca resensi buku. Dalam membuat resensi buku hendakalah menyertakan analisis secara mendalam apa yang terkandung di dalamnya. Gunakan kalimat-kalimat yang sederhana tetai padat isinya. Lakukan analisi singkat apa yang perlu disampaikan secara segera. Buat kesimpulan sementara tentang buku yang sedang dirensensi.

Resensi Buku,

Menyusun resensi buku merupakan kebanggan tersendiri bagaimana menguraikan langkah-langkahnya. Isi resensi buku tidak jauh dari uraian halaman belakang buku. Yang berisi kalimat-kalimat yang menarik untuk disampaikan. Yang penting adalah menganalisi isi buku secara mendalam, dan memberikan uraian secukupnya. Berikan pujian untuk menyakinkan bahwa buku yang anda baca itu benar-benar menarik. Penting untuk diingat bahwa yang terpenting adalah menulisnya secara jujur, wajar, dan penuh dengan kalimat-kalimat yang bisa menggambarkan isi buku secara keseluruhan.

Resensi Buku,

Untuk menulis resensi buku, perlu pengertian yang sederhhana dari tata cara menulis resensi, seperti diuraikan diatas bahwa menulis buku harus bisa menggambarkan isi buku secara keseluruhan, mengalisi isi buku, membuat ringkasan secara padat, dan membuat gambaran singkat isi buku secara keseluruhan. Kalau perlu kutiplah kalimat-kalimat pokok yang disampaikan dalam buku. Untuk menulisnya gunakan kalimat-kalimat yang sederhana tetapi padat dan mengena maknanya.

Resensi Buku,

Penulisan resensi buku mengikuti kaidah-kaidah yang telah ditetapkan. Dan hendaklah menggunakan logika yang sederhana. Dalam melalukan analisis gunakanlah kalimat-kalimat analisis yang mampu mengungkapkan apa yang penting dalam buku itu. Buku yang anda resensi hendaklah merupakan kalimat-kalimat pokok dan mampu mengguggah pembaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang buku yang sedang anda tulis resensinya.

Iklan
Posted in: Buku